Senin, 07 Juli 2008

Jurnalisme online dan masa depan surat kabar konvensional

Perkembangan Tek Komunikasi

Pada tahun 1998 masyarakat mulai mengenal jurnalisme online. Jurnalisme online merupakan jurnalisme yang dapat di akses melalui media internet, yang biasa menyuguhkan informasi dalam bentuk audio, video, maupun grafis. Yang membedakan jurnalisme ini dengan jurnalisme yang lain adalah penggunaan teknologi. Jurnalisme online memungkinkan adanya pemberitaan yang salah karena para pengirim berita bisa siapa saja dan identitasnya sulit untuk kita temukan. Jurnalisme konvensional adalah jurnalisme yang disampaikan melalui media seperti radio, televisi, majalah.
            Selain perbedaan dari segi media, antara jurnalisme online dan juga jurnalisme konvensional memiliki beberapa kekurangan dan juga kelebihan. Jurnalisme online tidak dapat kita konsumsi diwaktu kita tidak dihadapan komputer tapi dengan adanya radio, koran, dan juga televisi kita dapat mengkonsumsinya dimana saja. Selaian itu jurnalisme konvensional lebih menjamin kebenarannya atau keakuratannya sedangkan pada jurnalisme online semua dapat menulis beritanya tanpa etika jurnalisme, contohnya saja tulisan-tulisan yang ada pada blog. 
            Melalui jurnalisme online audience lebih leluasa memilih berita yang diinginkan. Penggunaan jurnalisme online sangat mudah dan pencarian beritanya sangat cepat. Semua berita yang ada dapat disimpan dan di akses kembali oleh audience.  Ini adalah kelebihan dari jurnalisme online. 
 
Menurut pandangan saya sendiri, untuk kelangsungan jurnalisme konvensional dengan munculnya jurnalisme online tidak akan berpengaruh terlalu besar dan dapat mematikan jurnalisme konvensional sendiri. Karena, masing-masing sudah ada tempatnya atau penggemarnya sendiri-sendiri. Mereka akan mencari, apa yang mereka butuhkan sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Tadi diatas juga sudah sedikit dijelaskan ada beberapa kekurangan dari keduanya dan ada juga kelebihan masing-masing.

4 komentar:

Subhan Afifi mengatakan...

Selamat Faisal, blognya bagus dan informatif. Lebih bagus lagi kalau tulisannya didukung data dan teori yang relevan, supaya kuat argumentasinya. Ok ya.. selamat berkarya!

Afifi

Rhee ! ! mengatakan...

Bleh....

kunjungi punya saya juga bleh...

sekalian ngoment yah...

gilang erlangga rangkuti 153060187 mengatakan...

selamat, besok selasa kita futsal jam 9 pagi di goal deket gurni

gilang erlangga rangkuti 153060187 mengatakan...

py bleh.. ayo nuliss aduuhh..